GuidePedia

0

Pembahasan Chapter 793






>> PEMBAHASAN CHAPTER 793 <<

Halo semuaaaaa grin emotikon

Kembali lagi ke PEMBAHASAN chapter!

PEMBAHASAN chapter kali ini sepertinya akan lebih seru dan menegangkan!

Panel yang loncat-loncat, dari Dressrosa, MarieJoa, Beberapa tempat di dunia baru, Lautan Dressrosa lalu kembali lagi ke Dressrosa, membuat PEMBAHASAN kali ini sedikit berbeda. Oleh karena itu, kita akan sama-sama membahas di setiap perpindahan panelnya. So,,, Markivihas! Mari kita REVIEW Lalu dibahas! Okeh!? Shishishi grin emotikon

Tidak usah berlama-lama, mari langsung ke TKP!

----------------------------------- Komik One Piece Bahasa Indonesia ------------------------------------

= Chapter 793=

“HARIMAU DAN ANJING”


Cover Art “Chopper yang tidak bisa membedakan antara Tengu (sebuah makhluk dalam legenda jepang), Usopp, dan Pinokio”. Sepertinya kalo ditambah Kaku (CP-9), Chopper akan kehilangan kesadarannya LOL

Seperti Cover Art sebelumnya, Oda menggambar suasana dari karakter-karakter secara dramatikal berdasarkan request. Jadi sepertinya tidak banyak yang perlu dibahas. Dan mari kita langsung masuk ke PEMBAHASAN chapter saja yaaah..

=> Penjelasan Tindakan Fujitora

REVIEW: 


Chapter kali ini masih dilanjutkan dengan adegan bersujudnya Fujitora. Kemudian Raja Riku meminta Fuji untuk mengangkat kepalanya. Raja Riku bingung apa maksud tindakan Fujitora yang dipertontonkan ke dunia ini? Apa karena ia tidak menyentuh Doflamingo selama ini? Ternyata bukan. Maksudnya justru meminta maaf atas tindakan Dofla yang posisinya berada dibawah kekuasaan pemerintah dunia. Fuji ingin menunjukkan “kenyataan” pada dunia kalau pemerintah dunia bukanlah dewa.

Tindakan ini perlu diacungi jempol dan wajib ditiru oleh pemimpin negeri ini, bukan? wink emotikonKemudian di lain sisi Kyros menegaskan kepada pasukannya “para kurcaci tangguh” dari suku Tontatta bahwa misi mereka telah selesai. Misi yang; kalau dipikir-pikir, sangat dramatis. Bayangkan selama 10 tahun mereka berjuang di bawah bayang-bayang kepalsuan dan penistaan. Tidak ada yang tahu, tidak ada yang menyadari. Hanya mereka, ya hanya merekalah yang melawan. Sementara di sisi lain, perasaan yang sama dialami oleh Raja Riku. Akhir yang begitu dramatis ini membuat Sang Raja ingin melindungi ‘Para Pahlawan’ Dressrosa. Ia sepertinya ingin memberi instruksi kepada (mantan) jajaran pasukan Dressrosa. Namun karena ia merasa bukan lagi sebagai Raja, ia meminta tolong Tank untuk memberikan pelayanan kepada semua orang yang sudah berjuang di Dressrosa, para bajak laut, tentara Dressrosa, rakyat Dressrosa, bahkan angkatan laut sekalipun; semuanya. Ya, ‘meminta tolong’ dengan dibumbui perasaan “Gak enakan” atau bahasa jawanya “Ewuh pakewuh”. Hehe. Tentu saja dengan senang hati Tank melakukannya. Walaupun dengan perasaan “Gak enakan” juga (merasa dia juga bukan lagi sebagai bagian dari pasukan elit Dressrosa) LOL. “Welcome Back, Our Lovely King!”

PEMBAHASAN:


Seperti yang telah kita bahas minggu kemarin, tindakan ‘bersujud’ Fujitora ini sudah jelas bertujuan untuk menunjukkan “kenyataan” kepada pemerintah dunia. Ia sedikit pun tidak malu melakukan hal tersebut, malah justru ia ingin dunia melihat semua KENYATAAN ini. Tindakan Fujitora ini merupakan sebuah ‘pesan’ terhadap dunia bahwa pemerintah dunia bukanlah “Dewa”. Menurutku, tindakannya ini tidak akan membuat malu pemerintah bahkan sebaliknya: tindakan ini dapat meningkatkan kepercayaan dunia kepada pemerintah. Namun, sepertinya budaya ‘pencitraan demi reputasi’ masih dijunjung tinggi oleh Petinggi Angkatan Laut, dan tentu saja Pemerintah Dunia. (Eh, kayaknya hal ini terdengar familiar, mirip sama pemerintahan siapa ya? tongue emotikon )

Kyros yang dulunya adalah “Kapten” dari para kurcaci memberikan hormat kepada para kurcaci sebagai apresiasi tertinggi atas seluruh perjuangan dan pengorbanan yang mereka lakukan. Penghormatan ini sekaligus bertujuan untuk membubarkan pasukannya dan menjelaskan bahwa “misi” telah selesai. Ia juga memerintahkan suku Tontatta untuk kembali ke Istana. Setelah 10 tahun berperang akhirnya semuanya telah usai. Tampak perasaan sangat amat haru bergemuruh di hati para pasukan Tontatta. Kemenangan ini sungguh dramatis. Kerja yang bagus pejuang Dressrosa! Well Done, Mr. Soldier-san!

Kemudian, di sisi lain, Raja Riku juga meminta tolong Tank “dengan berbisik” untuk melayani semua pejuang Dressrosa dan memberikan tempat istirahat. Hal ini menunjukkan Raja Riku sadar dan merasa bahwa ia bukanlah seorang Raja lagi. Namun apakah ini petunjuk dari Oda bahwa Raja Riku akan kembali menjadi Raja? Atau malah menandakan bahwa kerajaan Riku benar-benar sudah berakhir dan siap-siap digantikan oleh Raja baru (Kyros, misalnya grin emotikon )? Yah, menurutku semua kemungkinan itu bisa saja terjadi. Yang jelas Tank sangat senang dan bertambah semangat karena kembali diperintah (dimintai tolong lebih tepatnya LOL) oleh Raja Riku. Sangkar burung telah terbuka, burung-burung pun bebas untuk terbang. Semuanya merasa bahagia. Harapan telah terbuka dan terbentang luas ke angkasa. Kegelapan pun sirna. Akankah ini juga pertanda bahwa kegelapan dunia juga akan segera berakhir setelah kejadian ini? Who knows, I hope so grin emotikon....

=> Gorosei dan Akainu

REVIEW:


Kemudian di lain sisi, Tanah Suci Marie Joa, para petinggi dunia sedang didatangi tamu yang “HOT”. Entah karena tamu ini benar-benar panas atau hatinya yang sedang panas. Ah sudahlah, yang penting dia memang panas LOL grin emotikon. Akainu yang pergi ke Marie Joa masih bingung terhadap keputusan para kakek ‘Gorosei’ terhadap Doflamingo. Mereka berdebat tentang masalah internal Pemerintah. Seperti permainan politik, Akainu a.k.a Sakazuki yang bingung dengan tindakan gorosei, dia merasa keputusan memberhentikan Doflamingo dari Shicibukai kemudian membatalkannya, tidak lebih seperti permainan anak-anak bodoh. Perkataan ini membuat Gorosei tersinggung lalu bilang “angkatan laut tidak lebih dari sekedar permukaan pemerintah dunia saja”. Sedikit emosi (apa memang sudah emosi), Akainu yang merasa direndahkan lalu berkata bahwa “kalian, para gorosei (juga), hanya boneka bangsawan dunia!”. Suasana semakin memanas. Hingga salah satu gorosei balik membentak Akainu “jaga mulutmu sakazuki!”. Kemudian balik menyerang Akainu dengan pertanyaan retoris yang menyinggung: “Bagaimana dengan orang yang sehebat Kuzan sampai bisa bergabung dengan kurohige?” (versi terjemahan Indonesia) atau “Bagaimana dengan orang yang sehebat Kuzan sampai bisa memberikan bantuan kepada kurohige?” (versi terjemahan Aohige dalam bahasa Inggris). Yang manapun terjemahannya, kita bisa simpulkan bahwa ternyata Kuzan sedang melakukan pergerakan yang berpihak pada Kurohige. Tentu ini tindakan yang memalukan bagi Pemerintah Dunia dan Angkatan Laut. Lalu, Akainu pun balik membalas (menurutku sih membela diri) “Si Keparat itu sudah keluar dari Angkatan Laut. (Perbuatan) Dia tidak ada lagi kaitannya dengan segala aktivitas kami (Angkatan Laut).” Tentu ini sangat menyinggung Akainu, secara mereka berdua sudah lama bersama bahkan menjadi Admiral bersama. Jelas, ada yang bergemuruh di hatinya. Hal ini jelas bertentangan dengan prinsipnya. Suasana hati Akainu menjadi penuh tanya, malu dan penuh amarah. Seakan negara api menyerang ke dalam dadanya. Halah. Well, adu mulut ini tidak berlangsung lama ketika akhirnya salah satu mariner melapor keadaan terbaru dari Dressrosa.

“Gorosei!! Jenderal Besar Sakazuki!! Ada laporan masuk! Doflamingo, salah seorang Shicibukai kita, telah ditumbangkan oleh aliansi bajak laut Topi Jerami dan Law! Dan sekarang Dressrosa dalam keadaan yang luluh lantak!” Laporan ini tentu sangat mengagetkan mereka semua, termasuk Akainu (yang sedang naik darah grin emotikon ). “Apa katamu??” Kesal Akainu. “Bocah itu Lagi??” Kata salah seorang gorosei, seolah tidak percaya. Para anak muda ini memang selalu membawa masalah. Rupanya informasi dan video streaming tersebut sudah menyebar dari 3 negara sampai keseluruh pelosok dunia. Para Negara yang sedang berperang sebagian ada yang menyesal karena sudah tidak bisa mendapatkan suplai senjata dan ada juga yang bergembira karena tidak perlu berperang lagi. Ada juga yang marah (juga dendam) terhadap aliansi Law & Luffy karena merekalah dalang dari semua ini. Akibatnya para pelanggan yang sudah membayar senjata, menunggu transaksi buah iblis, dan ingin mengajukan ‘tender’ untuk bisnis “SMILE” kini sudah tidak ada kesempatan lagi. Sungguh teganya teganya teganya dirimu... Luffy tongue emotikon

PEMBAHASAN:

> Konflik Internal


Gorosei adalah 5 orang petinggi dunia yang posisinya berada di atas Admiral. Tetapi dengan menyaksikan kejadian pada chapter ini terlihat bahwa mereka mampu untuk tidak bertindak langsung. Artinya mereka bisa seenaknya memberikan wewenang terhadap anak buah kesayangannya “Chiper Pol”. Hal inilah yang membuat Akainu marah terhadap Gorosei karena Gorosei tidak berbuat apa-apa terhadap tindakan Doflamingo (yang sebenarnya itu adalah tindakan yang sangat besar pengaruh kejahatannya di dunia) dan itu membuat Akainu bingung. Sampai-sampai ia bilang bahwa Gorosei adalah “boneka dari Tenryuubito”. Kenapa Akainu mengatakan seperti itu kepada mereka? Menurutku para Gorosei memang boneka Tenryubuto, karena mereka sepertinya hanya melaksanakan perintah Tenryuubito. Mereka juga mengatakan bahwa urusan ini sudah mereka serahkan kepada “Chiper Pol”.

Dari sini kita bisa mempunyai teori bahwa Tenryuubito memanglah petinggi dunia sesungguhnya. Karena pada dasarnya Tenryuubito lah yang telah menciptakan pemerintah dunia. Namun bisa jadi juga Gorosei itu sendiri merupakan Tenryuubito. Tapi teori tetaplah teori. Bagaimanapun, identitas Gorosei tetap menjadi misteri bagi kita. Bahkan nama-nama mereka pun masih disembunyikan Om Oda. Keterlaluan kamu, Om . Grrrr..

Mungkin dahulu pemerintah dunia kebanyakan memegang prinsip “keadilan absolut” tetapi semakin kesini banyak bagian dari pemerintah dunia yang memiliki hati nurani dan punya pemikiran sendiri tentang keadilan seperti Smoker dan Fujitora bahkan berlaku juga untuk Coby. Yapp..Melalui kejadian ini, pasti mereka sakit hati dengan ucapan Akainu. Kemudian mereka membalas perkataan tersebut dengan mengatakan kegagalan yang telah dilakukan oleh Angkatan Laut yakni, hilangnya salah satu kekuatan besar angkatan laut, KUZAN! Bahkan sekarang ia malah berpihak pada Kurohige. Tentu saja Akainu membantah dan tidak peduli lagi dengan Kuzan (Aokiji). Wong Kuzan dah keluar, kenapa harus dikait-kaitkan dengan angkatan laut lagi??! Walaupun aku percaya ada perasaan malu dan kecewa bahkan perasaan tidak percaya dari diri Akainu terhadap berita ini. Wajar, mereka pernah bersama di bawah atap yang sama.

> Aokiji bergabung dengan Kurohige?


Ada beberapa penafisran yang didapat oleh pembaca. Hal ini sebenarnya sudah biasa, karena perbedaan penafsiran pun sudah terjadi pada provider-provider manga online non formal dalam penafsiran manga sejak dulu. Seperti halnya, Mangastream, Mangapanda, Mangaku, Mangacan, dan berbagai situs manga online lainnya mempunyai translate masing-masing. Kemudian kita harus percaya yang mana? Yang jelas kita harus percaya dari sumber terpercaya. Nah biasanya KOPBI dan beberapa fanpage manga, bersumber pada penerjemah seperti Aohige_Ap Forum. Bahkan Admin Lucy pun beberapa kali mengatakan dalam pembahasannya bahwa dia lebih cenderung menggunakan terjemahan dari Aohige daripada yang lain. So, mari kita bahas sedikit tentang perbedaan penafsiran yang terjadi. Diantaranya:

1. Aokiji bergabung dengan Kurohige
2. Aokiji memberikan bantuan kepada Kurohige

Dua pernyataan ini sebenarnya ‘maknanya’ tidak begitu jauh berbeda, tetapi mungkin pengertiannya berpengaruh pada ‘status’ yang disandang oleh subjek pembicaraan. Jika ia bergabung dengan Kurohige maka jelas ia menjadi salah satu Kru Kurohige. Tetapi jika ia hanya memberikan bantuan kepada Kurohige berarti posisinya seperti sebuah “aliansi” atau pihak yang “Pro” Kurohige.

Jadi sebenarnya, kedua penafsiran ini memang memiliki inti yang sama: Aokiji berpihak kepada Kurohige. Artinya Aokiji setelah keluar dari Pemerintah Dunia, dia berpihak pada Bajak Laut. Kita tidak perlu terlalu bingung apakah Aokiji benar-benar bergabung dengan Kurohige ataukah ia hanya ber’aliansi’ dengannya. Dan kita tidak pernah tahu apa maksud dan tujuan dari seorang Kuzan. Yang jelas, Kuzan bukanlah seorang yang bodoh. Menurutku, dia termasuk ahli strategi dan pencipta konspirasi. Seperti halnya Akainu (penghasut Squardo untuk membunuh Shirohige) dan Fujitora (melakukan upaya-upaya mulus untuk menghancurkan sistem Shicibukai). Walau menurutku pribadi akan lebih menarik jika Aokiji bergabung dengan Kurohige.
Artinya Kurohige memang pantas menyandang status “Yonkou”. Di sisi lain, pastinya Oda akan memberikan alur yang (seperti biasanya) Dinamis dan Mengagumkan (tidak membosankan dan mudah ditebak).

Kalo ada pertanyaan: “Apa tujuannya?” Menurutku misi Aokiji bergabung dengan Kurohige adalah ‘untuk mendapatkan pergerakan yang lebih bebas’. Mungkin ia melihat Bajak Laut Kurohige ini adalah bajak laut yang potensial dan berkemungkinan bisa jadi yang terkuat karena ia memiliki 2 kekuatan buah iblis dan kekuatannya ini pun sudah diperagakan saat akhir perang di marineford. Benar-benar mengerikan. Dengan bergabungnya pada Kurohige, ia bisa bergerak lebih bebas dan menjangkau dunia lebih luas. Lagipula sepertinya sudah sama-sama kita ketahui bahwa prinsip keadilan yang dimiliki Aokiji adalah “Keadilan si Pemalas”. Jadi tentu saja ia akan menggunakan banyak benteng, peluncur, kuda, bahkan ster untuk mencapai tujuan keadilannya. Bukan dirinya sendiri. Lalu apa sebenarnya tujuan keadilannya? Nah, berikutnya ada kemungkinan tujuan lainnya, yaitu ‘memperbaiki pemerintah dunia’ dari luar. Dengan masuknya ia kedalam bajak laut kuat ia bisa mengalahkan angkatan laut sedikit demi sedikit dan memberi pelajaran kepada pemerintahan dunia. Bahwasanya menjadi “Badass” yang benar-benar buruk lebih baik daripada mengaku sebagai penegak keadilan namun sebenarnya “Badass”. Ya, tentu saja, dengan tujuan versi ini, apa yang dilakukan Aokiji ini bisa menjadi “Gambling”. *Nah, berbicara mengenai Gambling, pikiran kita semua pasti tertuju pada . . . . Yak, Isshou-San a.k.a Fujitora. Akankah ada konspirasi antara mereka. Kita lihat saja ya... wink emotikon

> Gejolak Dunia Setelah Kekalahan Doflamingo


Laporan masuk! Doflamingo telah dikalahkan oleh aliansi “Law” dan “Topi Jerami”. Akainu dan para Gorosei lagi-lagi dikejutkan oleh para anak muda ini. Berita yang tadinya hanya mancakup 3 pulau tetangga sekarang sudah tersebar ke seluruh pelosok dunia. Hanya dengan beberapa jam aliansi Law dan Luffy lagi-lagi menggemparkan seluruh dunia. Ada 2 point akibat kekalahan Doflamingo ini.

1. Berita ini menguntungkan bagi negara yang berperang. Mereka tidak perlu lagi mengangkat senjata dan menumpahkan dara. Negara yang tidak memiliki senjata juga tidak bisa berbuat apa-apa dan keinginan untuk berperangnya pun menghilang.

2. Berita ini merugikan para pelanggan bisnis Doflamingo. Mereka yang telah membayar mahal untuk membeli senjata, transaksi buah iblis ‘SMILE’pun akhirnya tidak mendapatkan apa-apa.

Pada akhirnya, semua tahu bahwa penyebab kejadian besar ini adalah Mugiwara Luffy dan Law si Shicibukai. Bagi yang merasa bisnisnya rugi mereka pasti akan mengincar Luffy dan Law. Doflamingo adalah pebisnis besar di dunia baru. Artinya negara yang berterimakasih akan kekalahannya Dofla mungkin nantinya akan membantu Luffy dan negara yang merasa rugi akan memburu Luffy. Dunia baru akan lebih Bar Bar! HAHAHA!

=> Para Supernova Lainnya

REVIEW:

Dilanjut dengan kapal nenek Tsuru dari angkatan laut,berdasarkan kterangan di chapter terakhir, terlihat mereka juga membahas kejadian Dressrosa ini dan mengatakan bahwa kelompok bajak laut yang dikalahkan di Dressrosa adalah kelompok yang sudah lama menjadi target pengejaran. Kemudian di suatu kota seorang pedagang sedang kesal karena ada wanita tua (bisa nenek-nenek, bisu ibu-ibu, yang jelas tua) yang mengambil Pizzanya. Siapa lagi pencuri pizza itu kalau bukan ‘Jewelry Bonney’ si pengatur umur. Bonney juga sedang penasaran sekaligus senang karena pernah menjadi bagian dari ‘mereka’. Berkaitan dengan perbedaan terjemahan juga yang cukup bertolak belakang pada beberapa situs manga online, maka ada 2 kemungkinan maksud dari perkataan Bonney.

Pertama (1), Bonney SENANG karenaTIDAK LAGI menjadi bagian dari mereka (para Supernova Generasi terburuk) atau

kedua (2) Bonney SENANG karena MENJADI BAGIAN dari mereka. Kedua terjemahan ini pastinya berdampak pada
kemungkinan-kemungkinan ke depannya. Jika menggunakan Opsi Pertama (1) maka kemungkinan maksudnya dia senang tidak berhubungan dengan mereka dan tidak terkena masalah. Artinya, sekarang dia berada di posisi yang berbeda arah dengan para generasi terburuk tersebut. Jadi, dimana posisinya? Lalu jika menggunakan Opsi Kedua (2), kemungkinan Bonney memang senang + Bangga karena sudah menjadi bagian dari Generasi Terburuk tsb. Artinya posisi Bonney sejalan dengan Luffy dan lainnya. Disuatu tempat dilangit Urouge sedang terkapar dibalut perban dalam masa penyembuhan dan anak buahnya berteriak “kepala pendeta, ada yang datang!” (masih belum jelas). Lalu disuatu lautan, Capone sedang berada diatas kapal (mirip seperti kapal big mom) dan memegang denden mushi sambil berkata “ternyata mereka lebih aktif dari yang kita duga. Sudah jelas Caesar akan membawa mereka semua kedalam masalah”.
“Dalam sekejap orang yang berada digaris depan sudah dikalahkan. Ini benar-benar kemenangan spektakuler”. Perkataan Kid yang sedang makan-makan disebuah pulau bersama Killer dan para aliansinya yaitu Appo dan Hawkins. Mereka mengatakan kalau Dofla lah yang mengendalikan Kaido dari balik layar yang artinya hal ini akan membuat Kaido marah. Mereka juga akhirnya tahu kalau aliansi Luffy dan Law mengincar Kaido. Tetapi mereka senang karena Luffy dan Law mengincar orang lain, karena kalau Luffy dan Law mengincar mereka maka hanya akan membuang-buang dan mengurangi kekuatan tempur mereka. Intinya hal ini juga menguntungkan bagi aliansi Kid. Yang paling mengejutkan adalah ternyata incaran mereka adalah Yonkou “Shanks”!!!

Disuatu pulau X-Drake sedang membaca Koran kekalahan Doflamingo. Dan dibelakangnya ada orang-orang(mungkin nakama X-Drake) yang sedang membicarakan tentang masa lalu mereka yang berhubungan dengan Doflamingo. Lalu dipanel bawahnya, ada seseorang yang berteriak “LORD KAIDO!!! Anda dimana? Joker si tolol itu sudah gagal! Ia tidak bisa lagi memproduksi SMILE!”. Sepertinya kita diberikan clue sosok Kaido yang besar seperti mempunya tanduk atau itu seperti bentuk telinga anjing. Kita masih tidak tahu karena itu hanya siluet raksasa.

PEMBAHASAN:


> Kapal Nenek Tsuru

Terlihat disana sebuah kapal yang berada diatas lautan. Kita tidak tahu siapa isi didalam kapal tersebut. Tetapi dari Obrolannya sepertinya mereka adalah 3 veteran angkatan laut yaitu Garp, Sengoku, dan Tsuru. Balon kata yang memiliki “CRACK” diakhir katanya sepertinya itu Sengoku. Yang memanggil Tsuru-chan sepertinya adalah Garp. Mereka berada didalam satu kapal tidak mungkin sedang tidak ada kerjaan. Mungkin Garp yang mnggerakkan kapal karena ia sering meminjam kapal seenaknya. LOL. Atau memang ada misi 'tersembunyi' yang ingin dicapai. Kalo menurutku, mereka akan pergi ke Dressrosa untuk 'mengamankan' Doflamingo dan keluarga jahatnya. Ini berdasarkan 2 buah Clue: (1) Perkataan seorang yang mengatakan "CRACK" (Sengoku, IMO) yaitu "Mereka bajak laut yang sudah lama kita kejar". Hampir dipastikan ini merujuk pada berita kekalahan Doflamingo n fam. Kita semua tau, kalo Sengoku dan khususnya nenek Tsuru sudah lama mengejar Dofla. (2) Fujitora yang tidak bisa (tidak diizinkan Akainu lebih tepatnya) ke Markas Besar Angkatan Laut manapun. Sehingga kemungkinan Kapal nenek Tsuru ini akan mengarah ke Dressrosa untuk mengambil Doflamingo dan keluarganya. Ah tapi hanya Oda yang tahu. Lagipula gambarnya Cuma itu.. kita mah hanya bisa mengira-ngira.. tongue emotikon

> Supernova


Di Arc Punk Hazard (Ch.667) Law pernah berkata: "Hanya ada dua (2) jalan untuk survive di Dunia Baru: i) Berada dalam naungan Yonkou atau ii) Bisa dengan menantang mereka. Jadi berdasarkan chapter terakhir ini kita bisa mengira-ngira siapa saja dari generasi terburuk yang 'berada di bawah naungan Yonkou' dan siapa saja 'yang menantang Yonkou'. Jelas yang kita sudah tau, ada dua (2) aliansi yang menantang Yonkou: Aliansi Law-Luffy dan Aliansi Kid- Apoo-Hawkins. Nah untuk yang di bawah naungan Yonkou, yang baru kita ketahui secara jelas, yakni X-Drake. Okelah mari kita bahas satu per satu... wink emotikon

- Jewelry Bonney -


Ia mencuri Pizza dengan menyamar sebagai nenek-nenek kemudian kabur dan kembali menyamar sebagai anak kecil. Seperti yang kita ketahui kemampuan Bonney adalah memanipulasi umur. Sambil memakan pizzanya ia membaca koran dan berkata bahwa ia bersyukur tidak terlibat lagi dengan ‘mereka’. Siapa ‘mereka’ yang dimaksud? Sudah jelas kalau itu adalah Luffy dan Law yang dulu sama-sama sebagai ‘generasi terburuk’. Namun, ternyata ada 2 penafsiran pada situs-situs manga online.

Pertama (versi mangaku dan situs sejenis yg berbahasa Indonesia)
Ia merasa lega karena tidak menjadi bagian dari ‘generasi’ terburuk lagi

Kedua (Aohige dan mangastream)
Ia merasa bangga karena menjadi bagian dari ‘generasi terburuk’ itu

Sepertinya aku lebih pada opsi ke 2, harusnya Bonney merasa bangga menjadi bagian dari salah satu Supernova Generasi Terburuk, karena mereka sedikit demi sedikit telah mengguncang dunia, yah apapun itu pastinya akan menguntungkan bajak laut lainnya termasuk Bonney.

Bonney sampai saat ini juga masih menjadi misteri. Sebelum chapter 700, kita lihat di chapter 595 saat Bonney ditangkap oleh Kurohige dan dijadikan bahan tukeran dengan kapal angkatan laut. Akhirnya yang datang adalah Akainu. Mengetahui Akainu yang datang, sontak saja, bajak laut Kurohige lari tunggang langgang karena takut berhadapan dengan Akainu. Hal inilah yang sedikit membuat bingung, apa pentingnya Bonney bagi Angkatan Laut? Apa hubungannya sampai-sampai Akainu langsung turun tangan? Apa ia juga memiliki hubungan dengan angkatan laut atau dia adalah anak dari tokoh penting di dunia baru atau dia punya rahasia penting pemerintah? Atau karena kemampuannya? Ya, yang jelas menurutku ia adalah salah satu aset yang diakui oleh angkatan laut. Jika ia bisa memanipulasi umur maka bisa jadi berguna bagi pemerintah, misalkan untuk gorosei tidak perlu takut mati karena tua. Ini kalau kekuatan Bonney bisa memperpanjang umur juga. Tapi kalau Cuma mengubah bentuk fisik saja, tentu ini gak berguna. Yah kita juga tidak tahu pasti seperti apa kisah Bonney ini. Untuk saat ini kita lihat dia selalu sendiri karena memang anak buahnya telah dikalahkan sebelum masuk New World. Jadi tunggu saja kejutan-kejutan dari Oda tentang si Bonney ini. smile emotikon

- Urouge –


Si pendeta yang satu ini terlihat sedang terkapar di pulau langit. Entah dimana, tetapi keadannya seperti telah selesai bertarung. Urouge juga mengetakan kalau ia sedang dalam pemulihan. Tiba-tiba anak buahnya datang dan memberikan info kalau “ada yang datang” ketempat mereka sekarang. Apa itu dan apa yang mereka lakukan disana? Kita tidak tahu, yang pasti dunia One Piece itu sangat luas dan ceritanya pun juga sangat luas tongue emotikon Oiya Urouge ini juga masih misteri. Tapi yang kutahu ia memiliki kekuatan aneh seperti bisa menyerap damage lawan dan membalikkannya menjadi serangan. Aku juga masih penasaran dengan kekuatannya. Kita tunggu saja tanggal mainnya.

- Capone Gang Bege –


Dalam chapter ini kasus Capone juga menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas. Diatas kapal disuatu lautan, Capone dan para anak buahnya terlihat sedang mengamati sesuatu. Yang menarik adalah terlihat dipanel sebelum masuk kepanel Capone, terlihat seperti kapal dan bendera BigMom. Yah walaupun sekilas tapi itu SANGAT mirip dengan bentuk pada chapter 730. Terlihat pada panel tersebut bahwa bentuk lilin pada gambar, bendera, dan tiang yang berbentuk permen seperti pada kapal BigMom.
Ada 2 kemungkinan pada hal ini. Diantaranya:

1. Capone berada dibawah naungan BigMom. Seperti X-Drake yang berada dibawah Yonkou Kaido.

2. Capone yang berada didekat Dressrosa bertujuan untuk menculik Caesar tetapi dihalangi oleh Kapal Bigmom

Karena ia mengatakan bahwa Topi Jerami dan Law lebih aktif dari mereka dalam mengambil Caesar. Tapi sepertinya ia salah satu dari generasi terburuk yang berada di bawah naungan Yonkou. Ya, maksudku ia sudah bergabung dengan Yonkou BigMom, makanya ia berkata seperti itu. Soalnya BigMom juga ingin mengambil Caesar. Apalagi dengan kejadian di Punk Hazard para broker didunia baru pasti menyaksikan dan memahami kondisinya. Dan mereka akan mengira bahwa Caesar akan berada ditangan aliansi Topi Jerami dan Law. Kita juga melihat Tamago dan Baron adalah salah satu broker saat video percobaan Caesar berlangsung. Intinya kasus Capone ini juga menjadi salah satu misteri baru. We’ll see it in the next chapter.

- Aliansi Kid, Killer, Apoo, dan Hawkins -

Pada chapter ini hal ini juga menjadi sebuah kejutan besar. Kid, Killer, Apoo, dan Hawkins yang sedang makan-makan disebuah pulau sedang membicarakan kejadian hangat itu. Akhirnya mereka mengetahui tujuan aliansi Law dan Luffy bahwa tujuan mereka adalah menjatuhkan Younkou Kaido. Mereka juga mengatakan bahwa ini adalah kemenangan spektakuler bagi Law dan Luffy. Satu persatu bajak laut barisan depan telah ditumbangkan. Mereka pun ikut senang.

Awalnya kita sudah melihat pada chapter di Arc Fishmand Island yang mengatakan bahwa salah satu kapal BigMom telah dirusak oleh kapten Kid. Disana kita berspeklulasi kalau tujuan dari aliansi kapten Kid adalah untuk menjatuhkan BigMom. Ternyata bukan, tujuan sebenarnya aliansi Kid adalah Yonkou Shanks. Informasi ini sangat WOW dan mengejutkan! Disaat kita semua mengira bahwa mereka ingin menjatuhkan BigMom dan ternyata adalah Shanks, disana sekali lagi Oda telah mempermainkan mindset kita. Nah disini mari kita membahas kira-kira kenapa aliansi supernova Kid, Killer, Hawkins, dan Apoo mengincar Yonkou Shanks? Ada 2 kemungkinan mereka mengincar Shanks, diantaranya:

1. Shanks adalah Yonkou terkuat bagi Kid dkk

Mereka mengincar Shanks dikarenakan Shanks adalah Yonkou terkuat. Menurut mereka Shanks merupakan Yonkou terkuat karena ia yang paling dekat dengan Shirohige, pernah menghadang Kaido sebelum perang dan bisa menghentikan perang Marineford 2 tahun yang lalu. Jadi dengan menjatuhkan Yonkou seperti Shanks mereka akan lebih mudah untuk menguasai dunia baru. Rumusnya mulai dari yang terkuat baru setelah itu mengurus yang lemah.

2. Shanks adalah Yonkou terlemah bagi Kid dkk

Kemungkinan lain ia mengincar Shanks justru karena mereka melihat bahwa Shanks adalah Yonkou yang paling lemah. Karena kita belum dijelaskan seutuhnya kekuatan sebenarnya dari Shanks tapi karena tidak ada berita yang menghebohkan bisa jadi ia adalah Yonkou terlemah berdasarkan teritori (daerah kekuasaan) yang dimilikinya, walaupun belum ada informasi tentang hal tersebut. Jika diurutkan dari yang terkuat sampai yang terlemah maka akan seperti ini:

1. Kurohige
2. Kaido
3. Big Mom
4. Shanks

Jika memang mereka mengincar Shanks karena menurut mereka Shanks adalah yang paling mudah dikalahkan maka plot yang sudah kita pikirkan sejak lama bisa berubah drastis. Tidak banyak yang mengira bahwa mereka akan mengincar Shanks. Jika kita melihat karakter dari Kapten Kid, Kid adalah tipe orang yang selalu mengukur dengan kekuatan. Seperti yang telah dijelaskan Shakkie di kepulauan Shabaody, harga Kapten Kid lebih tinggi dari Luffy dikarenakan ia suka menjatuhkan korban dari warga sipil. Kemudian saat memasuki dunia baru ia juga menyiksa bajak laut dan berceramah tentang kekuatan. Kid juga orang yang terlalu cepat (gegabah) dalam menilai seseorang. Kita bisa lihat saat dia melawan Pacifista di P. Sabaody. Dia mengira itu adalah B. Kuma sang Shicibukai. Tapi dia ternyata salah. Itu hanya sebuah Pacifista (kata Law). Intinya Kid ingin menjatuhkan Yonkou, dan Yonkou itu dimulai dari Shanks.

Kenapa harus dari Shanks? Karena jika kita membaca peta kekuatan Yonkou maka akan seperti ini. Kurohige, sedang mengincar buah iblis kuat dan hampir semua wilayah kekuasaan Shirohige berada ditangannya. Kaido, mempunyai sistem dan organisasi yang rumit. Ia juga mempunyai pelindung dibalik layar (seperti Doflamingo tapi sekarang sudah dikalahkan). Bigmom, sama dengan Kaido tetapi cara bisnisnya berbeda. Kemungkinan BigMom ini melakukan bisnis dengan skala besar dengan cara ‘mengancam’. Dan terakhir, Shanks, satu-satunya Yonkou yang santai dan tidak banyak menggemparkan dunia.

Tetapi seperti yang sudah kukatakan sebelumnya. Walaupun Shanks hanya sebuah Kru kecil tetapi kekuatannya sungguh mengerikan. Menurutku aliansi Kid juga belum bisa untuk menjatuhkan bajak laut rambut merah ini. Jika hal ini yang terjadi maka akan terjadi pergolakan di dunia baru. Ketika Luffy mendengar hal ini bisa jadi ia marah dan menghalangi Kid untuk menjalankan misinya. Lagi-lagi Oda suka sekali nge “troll” hal-hal seperti ini. Kita sudah terbiasa tertipu oleh klu-klu yang diberikan oleh Oda tapi ternyataaa TETOOOOT.. hahahaha damn you ODA!!! tongue emotikon

- X-Drake –


Pada chapter ini kita juga diperlihat salah satu supernova keren lainnya yaitu X-Drake. X-Drake yang berada disebuah pulau terlihat sedang membaca koran tentang berita terbaru. Dibelakangnya ada orang yang membicarakan tentang Doflamingo. Yak menurutku X-Drake adalah anak kecil yang berada dipulau minion pada cerita masa lalu Law dan Corazon. X-Drake berhasil lolos dari pulau minion dan dipungut oleh angkatan laut. Doflamingo yang saat itu sedang mencari Law dan buah Ope-Ope memasang birdcage agar Law tidak bisa kabur dari pulau itu dan mengira yang kabur saat itu adalah Law padahal orang tersebut adalah Dorry atau yang sekarang dikenal sebagai X-Drake.

Bajak laut yang memegang buah ope-ope yang akan ditransaksikan dengan pemerintah saat itu adalah majikan dari X-Drake. X-Drake adalah budak yang disuruh-suruh oleh bajak laut tersebut. Ini bukan hanya sekedar asumsi, tetapi juga berdasarkan fisik dan bentuk “X” pada dagu anak tersebut juga tanah kelahirannya di north blue. Jambang yang X-Drake yang panjang juga mempunyai kemiripan dengan kapten bajak laut saat itu. Aku mengira bahwa orang tersebut adalah ayah dari X-Drake. Translate pada chapter ini juga mengatakan bahwaorang yang terbunuh oleh Doflamingo saat itu adalah ayah dari X-Drake. Tetapi kita tidak tahu pasti, intinya saat ini X-Drake berada dibawah naungan Yonkou Kaido. Informasi ini didapat dari awal mula X-Drake mendatangi salah satu pulau kekuasaan Kaido dan berniat mengincarnya kemudian dilanjutkan di cover story nya Coribou. Yaah kalau mau, coba saja baca-baca lagi cover story tentang perjalanan Coribou. Tujuannya bergabung dengan Kaido juga belum bisa diprediksi. Bisa jadi ia ingin menghancurkan Kaido dari dalam, bisa juga ia ingin memperkuat pasukan zoan Kaido. Bukankah akan sangat keren kalau pasukan binatang dipimpin oleh Tyranosaurus Rex? tongue emotikon

> Yonkou Kaido


Siluet yang aneh! Siluet hitam yang besar dan mempunyai tanduk , ya! Kemungkinan besar itu adalah Kaido. Tetapi hal ini juga masih merupakan misteri. Bentuk yang besar itupun masih belum bisa menjelaskan seperti apa Kaido. Ada juga yang memprediksi itu adalah ‘Bangunan khas Jepang’ dan pulau bersalju itu adalah Wa no Kuni. Tapi aku juga gak begitu yain mengenai hal itu. Ya, yang jelas akhirnya berita ini sampai ke telinga Kaido. Kira-kira apa yah yang akan terjadi ketika ia mendengar Doflamingo sudah tidak bisa membuat SMILE lagi? Menurutku ia akan kesal dan geram dan tidak bisa menyalahkan Doflamingo. Namun justru ia akan menyalahkan Law dan Luffy yang telah mengalahkannya. Target baru nih, Lord Kaidou? tongue emotikon

Kaido yang terus menambah pasukan zoannya selama ini tiba-tiba pasukannya berhenti bertambah. Hal ini pasti membuat Kaido marah. LORD KAIDO mungkin akan mengincar aliansi Law dan Luffy setelah ini. Yah aku sih berharap chapter selanjutnya akan memperlihatkan bagaimana sosok Kaido. Kira-kira seperti apa ya dan sekuat apa ya??? Hihihi grin emotikon

=> Pertarungan Keadilan

REVIEW:

Kembali ke Dressrosa, ternyata Isshou-san sedang berbicara dengan Akainu! “Jangan bercanda!” bentak Akainu yang marah kepada fujitora karena tindakan Fujitora yang menurutnya membuat malu angkatan laut. Tetapi Fujitora tetap membela diri dengan mengatakan bahwa ia tidak bisa menjadi pahlawan bohong. Sambil teringat obrolannya dengan smoker. Smoker yang juga tidak sepakat dengan sistem Shicibukai mengatakan bahwa ia sudah 2 tahun menyelidiki Crocodile tetapi tidak mampu berbuat apa-apa. Ia lanjut mengatakan jika tidak ada Topi Jerami mungkin Arabasta sudah seperti Dressrosa sekarang. Smoker kesal terhadap angkatan laut yang terus menerus berbohong terhadap dunia dan ia tidak mempunyai kekuatan untuk mengubah hal tersebut. Kelakuan Fujitora ini seperti angin segar baginya.

Lanjut ke panel smoker disuatu tempat. Ia kaget dengan tindakan Fujitora yang benar-benar melakukannya. Kemudian Tashigi yang berada disebelahnya mengatakan bahwa kejadian Fujitora ini mengingatkan mereka dua tahun yang lalu saat di Arabasta. Kejadiannya mirip tapi tak serupa. Yah dengan kejadian ini Smoker merasa ini adalah kejadian yang menyegarkan baginya. Namun tiba-tiba Tashigi (yang ternyata ia merawat anak-anak dari Punk Hazard di kapal mereka) menawarkan kopi kepada anak-anak dan membuat Smoker kesal. Karena maksud Smoker bukan butuh minuman dan makanan yang menyegarkan. Tapi perbuatan si Fujitora inilah angin segar baginya. Jadi gak nyambung deh Tashigi. LOL. Tapi adegan mereka romantis juga yaa... LOL.. Ups balik lagi. Ya Tashigi dan Smoker serta anak-anak sedang menuju Lab. Dr. Vegapunk. Dan kemungkinan dalam waktu dekat kita akan melihat wujud dari Dr. Paling jenius di dunia One Piece ini: Dr. Vegapunk. Para pasukan G-5 yang sedang mengintip Tashigi sepertinya cemburu terhadap anak-anak tersebut yang diperlakukan sangat lembut.. akhirnya Tashigi pun memarahi mereka dan menyuruh mereka kembali bekerja… Oh my God! Tashigi cantik bgt sumpah! Rambutnya digerai gitu pake kaca mata.. duh tipe mimin bgt!!! Hahahaha.. (PLAAAAAK!!! Balik kerja!!! Maafkan aku Koalaaaa… :P)

Lalu panel terakhir, kita dilihatkan Akainu yang sedang berdebat dengan Fujitora. Fuji yang teguh untuk mengambil kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dunia dan Akainu yang menjunjung tinggi angkatan laut saling mendebatkan apa yang mereka masing-masing pikir benar. Para marinir bawahan sudah ketakutan dengan obrolan mereka. Lalu terakhir Akainu membentak Fujitora melalui denden mushi. Percakapannya kurang lebih seperti ini:

A: “JADI KAU INGIN MEMBUAT KITA MALU HANYA KARENA HAL SEPERTI ITU!?”

F: “KALAU KAU MEMANG BEGITU MEMPERMASALAHKAN SOAL KEHILANGAN MUKA, MAKA LEBIH BAIK KAU TIDAK PUNYA MUKA SAMA SEKALI!!!”

A: “KALAU BEGITU SELESAIKAN SENDIRI FUJITORA, BAWA KEPALA MUGIWARA LUFFY DAN LAW! KUTUNGGU KAU!” (Versi Mangaku, dkk)
A: “KALAU BEGITU KAU TIDAK BOLEH MENGINJAK MARKAS AL MANAPUN SEBELUM KAU BAWA KEPALA MUGIWARA LUFFY DAN LAW! KUTUNGGU KAU!” (Versi Aohige)
F: “ITULAH YANG INGIN KUDENGAR!”

PEMBAHASAN:

> Smoker dan Tashigi

Wiiiih akhirnya kita melihat lagi sepasang marinir ini ya. Mereka sepertinya sedang berada diatas lautan bersama anak-anak dari Punk Hazard. Tashigi sepertinya sudah akrab dengan anak-anak. Tetapi kebodohannya masih melekat. Dia rada gak nyambung dengan kalimat terakhir Smoker. Smoker berkata bahwa ‘hatinya serasa tersegarkan’ atas perbuatan Fujitora ini. Tapi Tashigi malah mengartikannya bahwa Smoker butuh yang segar-segar, sehingga jadilah ia menawarkan kopi dan muffin. Dan Smoker pun kesal “Hatikuu (yang tersegarkan) Tashigi!! Bukan Perutkuu!!”LOL. Lagian juga masa anak-anak dikasih kopi! Yang benar saja! Kopi kan buat orang dewasa, bukan untuk anak-anak LOL. Oia kemudian tashigi bilang kepada para anak-anak Punkhazard tersebut bahwa mereka akan diobati dan sekarang sedang menuju ke Lab-Vegapunk. Yapp mimin dari dulu penasaran seperti apa ya Vegapunk dan isi otaknya yang briliant itu. smile emotikon

> Harimau dan Anjing

Dengan kejadian ini kita jadi tahu seperti apa perkelahian antara “Harimau” dan “Anjing”. “Harimau” yang bersikeras terhadap keadilan yang melekat pada dirinya dan tidak mau diperintah sedangkan “Anjing” yang cari muka didepan majikannya (dalam hal ini ia tidak ingin membuat reputasi pemerintah dan AL hancur) berdebat dengan “gonggongan” dan “auman”nya masing-masing.

Fuji yang buta ini hanya bisa melihat dan bergerak lewat “hati nurani”. Obrolannya dengan smoker menambah keyakinannya bahwa Negara yang dipegang oleh Shicibukai tidak akan bahagia. Shicibukai hanyalah aib bagi pemerintah dunia pada akhirnya. Keinginannya untuk menghapus sistem Shicibukai ini bisa terpenuhi dari bukti dan kenyataan yang didapat pada Tragedi Dressrosa ini.

Kemudian Akainu marah terhadap tindakan Fujitora karena menurutnya tindakan Fujitora itu akan membuat malu angkatan laut dan pemerintah dunia. Tetapi bagi Fujitora tindakannya tersebut justru akan meningkatkan kepercayaan rakyat terhadap pemerintah. Kata-kata yang aku suka pada chapter ini adalah saat Fujitora berkata “aku tidak mau menjadi pahlawan ditengah kebohongan, seperti pemerintah yang menyewa bajak laut untuk menjaga keseimbangan dunia”.

Yapp Shicibukai adalah salah satu pahlawan kebohongan. Pemerintah yang berkedok bajak laut. Kalau di Indonesia mungkin seperti preman yang dibayar oleh polisi. Sebenarnya kata-kata Fujitora itu adalah sindiran “jleb!” bagi Akainu. Apalagi kata-kata tersebut didengar oleh markas besar angkatan laut dan marinir lainnya. Anjing yang menjunjung tinggi “harga diri” dan Harimau yang menjunjung tinggi “kejujuran” keduanya memang berbeda tetapi satu yang perlu kita ingat, keduanya mempunyai insting untuk memburu. Ya! Pada adegan ini pun lagi-lagi terdapat 2 penafsiran (atas perbedaan hasil terjemahan), yaitu:

1. Fujitora yang mematuhi perintah Akainu untuk membawa kepala Mugiwara dan Law

2. Fujitora yang menerima tantangan Akainu jika ia tidak bisa membawa kepala Law dan Luffy maka ia tidak boleh memasuki markas marine dimanapun.

Yapp! Menurutku hal ini juga intinya sama. Point pertama ia memang ingin memburu Luffy dan Law karena keinginannya. Point kedua ia terpaksa mengejar Law dan Luffy, tapi jika tidak berhasil ia tetap menerima tantangan tersebut.

Untuk plot cerita dari Arc yang sudah-sudah, biasanya setelah mengelahkan musuh pada sebuah Arc tersebut, Luffy akan dilindungi oleh warga. Seperti di Arc Arabasta Luffy dan lainnya disembunyikan dalam istana sehingga angkatan laut tidak bisa menangkapnya. Kedua ketika diwater seven juga Luffy disembunyikan dirumah Galley La Company, tetapi karena Garp adalah kakek Luffy maka Garp tidak peduli dan tetap menerobos. LOL. Cuma waktu di pulau langit Luffy tidak dilindungi warga tetapi ia kabur sebelum warga mengucapkan terimakasih. LOLOL

Nah! Menurut nakama sendiri seperti apa ending pada Arc Dressrosa kali ini? Apakah ia dilindungi oleh warga Dressrosa sehingga Fujitora tidak bisa menangkap Luffy dan Law ATAU Luffy dan Law telah berpikir lebih dulu untuk kabur sebelum Fujitora mengincar mereka? Menurutku jika ia harus beristirahat dan berpesta dengan warga terlebih dahulu ia akan memakan banyak waktu dan kemungkinan om Fuji menangkapnya akan lebih besar. Jadi sebaiknya mereka kabur saja daripada masalah bertambah rumit.

=> Kesimpulan dan Prediksi Chapter Berikutnya


Yoooooooosssssshhhh!!!! Akhirnya kita sampai pada kesimpulan chapter! Chapter kali ini memang penuh dengan kejutan dan misteri baru. Seperti biasa, disetiap pergantian chapter Oda selalu menyisipkan misteri-misteri baru untuk cerita kedepannya. Kemudian pada chapter ini juga memiliki banyak translate yang berbeda ditiap-tiap situs manga online sehingga penafsiran yang kita dapat bisa berbeda-beda. Tetapi itu semua telah kita bahas penuh kali ini jadi jangan khawatir kalau sudah membaca PEMBAHASAN ini pasti akan mengerti. Kemudian chapter kali ini sungguh banyak misteri baru seperti kegiatan dan klu-klu para supernova, perdebatan pihak pemerintah dunia dan marinir, aliansi Kid yang ternyata mengincar Shanks, dan sosok Kaido yang masih menjadi misteri. Semua itu dimuat dalam 1 chapter. Oda kau memang benar-benar bisa membuat kami terdiam hanya dengan gambarmu itu. Grrrr....

Prediksi chapter berikutnya menurutku masih merupakan “prelude/pembuka” untuk chapter berikutnya lalu kembali pada Scene Luffy dan Law. Ah, tapi pada chapter kali ini aku benar-benar tidak bisa menebak seperti apa chapter berikutnya. Walaupun banyak pilihan seperti kemungkinan dimunculkannya Sanji dkk, reuni dengan Sabo, pelarian Law dan Luffy, apapun itu aku tidak tahu pasti. Intinya chapter depan masih proses transisi pergantian Arc.

Yaaaah chapter ini penuh dengan kejutan, sepertinya kemunculan vegapunk akan tiba dalam waktu dekat, sosok Kaido pun juga demikian. Karena banyaknya perpindahan panel dari yang satu ke yang lainnya maka chapter ini tidak mudah untuk diprediksi. Tapi tetap saja SEMUA TEORI dan ANALISIS yang dibahas pada chapter ini merupakan pendapat pribadi mimin berdasarkan data-dara dari cerita sebelumnya. Okey bersambung ke PEMBAHASAN berikutnya yaaaa....

--------------------------------- Komik One Piece Bahasa Indonesia ---------------------------------

Usai sudah pembahasan kali ini. Chapter 793 ini sangat keren dan penuh kejutan. Mohon maap yaaak miminnya selalu telat dalam membuat pembahasan. Tadinya pembahasan kali ini ingin lebih cepat dipublish sebelum mimin mudik tetapi ternyata MELESET dan yaaa akhirnya baru bisa sekarang menulis pembahasan setelah mendarat dikampung halaman.. Sorry yak! Shishishi grin emotikon

Maap ni sebelumnya, jika pembahasan ini terkesan mirip dengan beberapa tulisan lainnya, maka ITU ADALAH UNSUR KETIDAKSENGAJAAN. Karena tulisan ini adalah pendapat pribadi mimin dan hasil diskusi dengan rekan, dan mimin sendiri belum membaca tulisan lain tentang PEMBAHASAN 793 ini. kemudian ini sepenuhnya IMO, bahan untuk DISKUSI BUKAN KRITISI PAKAI EMOSI TANPA SOLUSI.. hihihi smile emotikon tongue emotikon

Terimakasih sudah membaca..
Mohon maap atas segala kekurangan..
Sampai jumpa diPEMBAHASAN chapter berikutnya!
Salam KOPBI!!!
Shishishi grin emotikon

Regards,

#Sabo-kun

Posting Komentar

 
Top