GuidePedia

0
=> PEMBAHASAN CHAPTER 790 <=
Pembahasan Chapter 790




Hallo semuaaa...
Yak! Me again! Kembali dengan pembahasan chapter!
Shishishi grin emotikon
2 minggu sudah kita menunggu chapter 790. Dan ternyata beberapa prediksi sebelumnya memang benar. “ONE HIT K.O.”!!! yang dijanjikan telah ditepati oleh Lucy. Dengan “KING KONG GUN”nya Luffy berhasil memukul jatuh Doflamingo yang sedang berada tinggi diudara hingga menembus tanah. Pertanyaannya, apakah DD sudah benar-benar kalah? Bisa saja ia regain kembali kan? Hmm.. Tapi.. Menurutku jawabannya adalah “YA!” Dofla sudah kalah. Dapat disimpulkan dari lepas/hancur/pecahnya kacamata yang selalu dipakai Dofla yang selama ini terus menempel. Mungkin kekuatan Doflamingo berasal dari kacamata tersebut dan cara menghancurkan Birdcage adalah dengan menghancurkan kacamata konyol itu! LOL! XP
Pasti banyak juga nakama yang gemes pengen ngeliat Dofla buka kacamatanya atau bertanya-tanya kenapa kaca matanya nempel terus padahal Luffy udah berkali-kali nampol do’i . Justru disini Oda mulai becanda yang serius lagi. Oda seperti memberitahukan kepada kita secara tidak langsung kalau Dofla sudah benar-benar kalah dengan lepasnya kacamata yang selama ini terus ia pakai dan tak pernah lepas. Walaupun perubahan Birdcage belum diperlihatkan. Sekarang tinggal menunggu menyusutnya Birdcage dichapter berikutnya. Hmm ada kemungkinan juga Birdcage tidak hilang lho teman-teman. Birdcage tidak hilang, hanya saja ia berhenti bergerak dan zorro n the geng bisa menghancurkannya dengan mudah. Itu hanya kemungkinan lain sih..
Oke! Langsung saja kita masuk ke pembahasan! Ups.. tapi sebelumnya, seperti biasa kita telaah dulu apa aja sih yang bisa dibahas di chapter 790 ini. Mari kita perhatikan:
1. Cover & Judul Chapter
2. Tenaga Doflamingo & Luffy
3. Kata-kata Luffy
4. Jurus yang diajarkan Rayleight
5. “D”!!! Musuh alami Dewa
6. Kesimpulan & Prediksi Chapter berikutnya
Yap! Itu saja point-point yang akan kita bahas pada chapter minggu ini. Mungkin ada pertanyaan, kok dikit min point-pointnya? Point-pointnya memang dikit, tetapi sub-pointnya bakal banyak lho.. Jadi.. BERSIAPLAH!!!
Oke Yuk ke TKP!!!
----------------------------Komik One Piece Bahasa Indonesia--------------------------------
>>PEMBAHASAN CHAPTER<<
Chapter 790 “Langit & Bumi”
1. Cover & Judul Chapter
1.1. Cover Chapter
Luffy=> Bercosplay sebagai samurai dari Jepang
Sanji => Bercosplay sebagai pangeran dari Prancis
Nami=> Bercosplay sebagai Cow-girls U.S. America
Ussopp=> Bercosplay sebagai penari hawai dari Brazil
Frangky=> Bercosplay sebagai Pesilat dari China (walaupun ada bendera Indonesia, tetapi pakaian yang ia kenakan lebih mirip pakaian China)
Brook=> Bercosplay sebagai musisi dari inggris
Chopper=> Bercosplay sebagai orang suku es dari Canada
Robin=> Bercosplay sebagai penari dari India
Zorro=> Bercosplay sebagai pemabuk dari Jerman
Meskipun banyak bendera-bendera yang bertabrakan dalam gambar tersebut, tetapi seperti inilah makna dari Cover Chapter kali ini. Sebenarnya ada beberapa yang bercosplay untuk negara asalnya yaitu Sanji yang asli dari Prancis, Chopper dari Canada, dan Brook dari Swiss. Sisanya hanya bercosplay dengan pakaian dan negara yang cocok untuk masing-masing karakter menurut Oda. Data diambil oleh mimin dari pakaian yang digunakan dan mencocokkannya dengan Negaranya. Cosplay ini bertujuan untuk memberikan salam kepada berbagai Negara dan mungkin Oda ingin menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh Negara karena telah membaca karya besarnya “One Piece”.
1.2. Judul Chapter
“Langit dan Bumi” adalah judul pada chapter kali ini. Menurutku judul kali ini menjelaskan perbedaan antara Doflamingo (sebagai tenryobito) dengan Luffy dan yang lainnya (manusia biasa). Selama pertarungan antara Luffy dan Doflamingo berlangsung, sangat jelas kalau Doflamingo menyombongkan dirinya sebagai orang yang lebih tinggi derajatnya dibandingkan dengan yang lain. Benar-benar makhluk satu ini sombongnya bukan main.. ckckck..
Kemudian persepsi lainnya ialah keterbalikannya. Luffy adalah langit dan Doflamingo adalah bumi. Di akhir chapter kembali di reka ulang perkataan Corazon tentang musuh alami dewa, yaitu keluarga “D”. Kita belum tahu pasti tentang para penyangga nama “D” tetapi ada yang bilang “D” adalah keturunan langit. Seperti pada penduduk pulau langit yang memiliki sayap. Bukti yang menguatkan ialah pada cover komik vol. 27. Bisa dilihat disana, Oda menggambarkan Luffy yang menutup sebelah matanya dan Luffy sendiri memiliki sayap seperti orang langit. Ini merupakan salah satu data yang menguatkan jika klan D merupakan keturunan langit. Tapi kita tidak tahu pasti bagaimana, intinya akan kita bahas di point no. 5 nanti. Kemudian “Langit dan Bumi” yang dimaksud juga dapat dikatakan bahwa Dofla sebagai Naga langit dapat dijatuhkan sekaligus “dikebumikan” oleh Luffy dari udara. Pada panel saat Luffy melancarkan jurus “King Kong Gun” juga seperti menceritakan perbedaan langit dan Bumi. Yap! Harus kita syukuri di bulan Romadhon ini akhirnya Dofla telah dikebumikan. Shishishi tongue emotikon
2. Tenaga/Stamina Doflamingo & Luffy
2.1. Stamina Doflamingo
Sudah seringkali kita bahas kekuatan dan ketahanan tubuh Doflamingo memang sangat luar biasa. Benar-benar sekeras baja! Jurus-jurus sakti yang telah dilancarkan Law dan Luffy belum juga dapat menjatuhkan Doflamingo. Apakah nakama ingat, pada Arc Pulau Langit, Wiper menggunakan jurus Reject kepada Enel. Jurus yang sangat mematikan dan dapat membunuh itu tidak juga dapat membunuh Enel karena Enel dapat memompa kembali jantungnya dengan listrik didalam tubuhnya. Sama halnya seperti Doflamingo, ia bisa terus memperbaiki atau menjahit organ dalam tubuhnya selama ia masih punya stamina dan kesadaran.
Permasalahannya ialah stamina Doflamingo ternyata juga sangat banyak. Sudah dihajar sedemekian rupa oleh Lucy tetapi ia masih tetap berdiri dan tidak mau menyerah. Mungkin ini terjadi karena jati dirinya yang sudah terbentuk sejak kecil untuk membalas dendam terhadap orang-orang yang mengganggunya. Tekad membunuh yang dimiliki Doflamingo saat kecil sudah menjadikan ia sebagai iblis yang sangat kuat. Tetapi, serangan Luffy sebelumnya yaitu Leo Bazooka, sudah memberikan efek samping yang kuat terhadap tubuh Doflamingo. Terlihat Doflamingo terhoyong-hoyong saat berjalan setelah menerima serangan tersebut. Ini menjelaskan kepada kita bahwa Doflamingo ternyata juga hanya manusia biasa yang memiliki batasan pada tubuhnya.
Tetapi dengan kekuatannya, Doflamingo bisa memperbaiki tubuhnya sejenak sehingga ia masih bisa bertarung. Dalam chapter ini terlihat ia terus menyerang Luffy dengan serangan-serangan yang hebat dan berbahaya. Pertanyaannya, kenapa ia masih bisa menyerang dengan kekuatan seperti itu padahal staminanya sudah mau habis? Jawabannya adalah karena “awakening”. Sepertinya awakening merupakan sebuah kebangkitan lain dari buah iblis, sehingga iblis asli dalam tubuh si pengguna buah akan keluar. Ibaratnya kekuatan Doflamingo itu sudah tidak memerlukan stamina karena iblislah yang mengaturnya. Makanya Dofla masih bisa menyerang Luffy habis-habisan. Ia tidak perlu capek-capek membuat banyak benang karena sekelilingnya bisa menjadi benang ketika “awakening”.
Kita belum tahu pasti “awakening” itu seperti apa karena hal tersebut merupakan hal baru yang kita dengar dalam One Piece. Sama seperti waktu kita pertama kali mendengar “haki” dalam One Piece. Kita hanya bisa menerka-nerka, dan Oda menjelaskannya secara perlahan-lahan. Dan penjelasan yang lengkapnya dijelaskan oleh Rayleight saat akan melatih Luffy di Pulau Rukasaina. Kemungkinan nanti akan ada penjelasan lebih lanjut mengenai “awakening” dan bisa jadi itu berhubungan dengan Gear Luffy berikutnya.
2.2. Stamina Luffy
Berbeda dengan Doflamingo, Luffy sudah selesai istirahat dan sudah bisa mengeluarkan hakinya kembali. Stamina yang ia miliki mungkin lebih rendah dibandingkan dengan Doflamingo. Karena kita tahu Luffy adalah orang yang teledor dan tidak memikirkan tubuhnya. Haki Luffy memang sudah kembali, tetapi tidak dengan staminanya. Makanya Dofla mengejek Luffy kalau Luffy pasti sudah capek dan begitu juga sebaliknya Luffy juga sadar Dofla pasti capek juga.
Tetapi kita sudah mengetahui selama ini, kalau kekuatan tubuh Luffy juga diatas normal. Berbeda dengan Doflamingo yang terus bangkit karena tekad membunuhnya yang pantang menyerah, Luffy justru terus bangkit karena tekad ingin melindungi semua orang. Niatnya yang tulus untuk menolong membuat Luffy terus bangkit. Ini juga bisa menjadikan perbedaan sifat yang sangat jauh antara Luffy dan Doflamingo seperti langit dan bumi. Bisa juga seperti malaikat dan iblis, air dan api, baik dan buruk, pokoknya perbedaan sifat mereka sangat berlawanan 180*.
Karena Luffy belum bisa “awakening” makanya ia terus mengandalkan “haki”nya saat diserang Doflamingo. Luffy terus bertahan sampai saat “One Hit K.O”nya tiba diwaktu yang tepat. Kemudian saat kemarahan Luffy memuncak, akhirnya dia mengeluarkan Gear 4 untuk kedua kalinya. Dan ternyata benang yang mengikat pada tubuh Luffy langsung putus saat Gear 4 dikeluarkan. Dapat disimpulkan bahwa Gear 4 yang mengelilingi badan Luffy dengan Haki bisa mengalahkan benang pupetnya Doflamingo. Secara logika juga benang yang mengikat pada balon yang kempes kemudia balon tersebut dipompa menjadi besar, jika benangnya tidak lebih kuat dari tekanan balon maka benang tersebut akan putus. Seperti ituuu... tongue emotikon
3. Kata-kata Luffy
Sungguh orang yang sangat baik si Lucy ini. Dia sampai memkirkan segalanya yang terjadi di Dressrosa dan sudah muak dengan semua ini. Dia ingin cepat-cepat menghajar Doflamingo agar semuanya selesai. Bisa kita rasakan kalau Luffy semakin dewasa. Yang awalnya ia hanya bertarung dengan instingnya sekarang ia mempunyai alasan untuk bertarung. Benar-benar polos, jujur, dan bersahaja. Membantu temannya untuk melindungi keluarga dan kerajaannya di Alabasta, menghajar dewa gadungan yang menindas rakyat di pulau langit, menantang pemerintah demi menolong seorang teman di Enies Lobby, mengacaukan penjara dan markas angkatan laut terbesar di dunia untuk menolong kakaknya, menantang seorang Yonkou untuk melindungi Pulau Fishmen, dan sekarang menghajar seorang raja yang memanfaatkan serta menyiksa rakyatnya selama bertahun-tahun di Dressrosa. Dapat dilihat betapa hebatnya kapten kita ini. Menolong banyak orang.. Sangat mulia! Apalaginya jika dilakukan dibulan Ramadhan.. Eaaa.. LOL
Baik, kembali lagi. Jadi Luffy mengatakan kalau ia sudah muak mendengar ocehan Doflamingo. Luffy pun mengatakan bahwa Doflamingo sudah mengendalikan semuanya dengan tangannya. Seluruh rakyat ia kendalikan karena keserakahannya. Luffy mengatakan karena keserakahannya itu ia jadi susah bernafas di Dressrosa dan ia mengatakan akan pergi dari sana setelah menghajar Doflamingo. Kata-kata tersebut terucap oleh Luffy bersama dengan kemarahannya. Intinya Luffy sudah sangat kesal dengan Doflamingo yang mengatur seenaknya di Dressrosa dan ingin pergi secepatnya dari pulau tersebut. Luffy memang tidak punya urusan dengan Dofla. Kalau saja Luffy tidak beraliansi dengan Law mungkin ia tidak bertemu dengan Doflamingo. lagipula pada hakikatnya terserah seorang Raja ingin menjadikan negaranya seperti apa, tetapi kekesalan Luffy karena perbuatan Doflamingo menjadikan Luffy sangat marah dan ingin menghajarnya. Musuh kali ini berbeda dari yang sebelumnya, karena Doflamingo adalah orang yang benar-benar berlawanan dengan Luffy. Oke.. abis ini langsung pergi yah, Luffy.. Kasian tuh Sanji dkk udah nungguin setahun lebih tongue emotikon
4. Jurus yang di Ajarkan Rayleigh
Nah! Pada chapter kali ini, ketika ditengah pertarungan antara Luffy dan Doflamingo, tiba-tiba Luffy teringat perkataan Rayleigh saat sedang latihan. Rayleigh bertanya kepada Luffy “ada apa dengan jurus yang kau banggakan itu?”. Luffy bilang bahwa ia ingin jurus yang lebih besar dari Kong Gun. Kemudian Raylegh mengatakan akan mengajari Luffy yang lebih hebat lagi dan mungkin akan membahayakan tubuhnya. Ada 2 penafsiran dari beberapa translate, pertama Rayleigh bermaksud memperkuat Gear 4. Kedua Rayleigh mengajarkan yang lebih dari gear 4 kemungkinan gear 5 atau jurus lainnya. Mari kita bahas!!!
Menurut pendapatku pribadi, maksud perkataan Rayleigh lebih berat ke point pertama yaitu untuk memperkuat Gear 4 Luffy.
Kemungkinan pada awalnya Gear 4 Luffy hanya meniupkan udara kedalam ototnya. Memang ototnya menjadi lebih keras dan dampak serangannya menjadi semakin kuat, tetapi tetap saja masih belum bisa mengalahkan orang-orang kuat di New World. Oleh karena itu Rayleigh mengajarkan untuk menggabungkan banyak haki ke dalam Gear 4 sehingga serangannya dapat lebih mematikan. Dan karena menggunakan gear 4 yang melemahkan ototnya ditambah dengan haki yang menguras banyak staminanya, akhirnya Gear 4 sangat berdampak buruk untuk Luffy.
Kemungkinan lain pada saat latihan Rayleigh juga mengajarkan teknik lain untuk memperkuat Luffy dalam bertempur. Karena Rayleigh “pasti” lebih pintar dan lebih berpengalaman dari Luffy maka ia pasti bisa memikirkan teknik yang lebih bagus untuk manusia karet. Ada juga kemungkinan semasa hidupnya Oppa Ray pernah bertemu dengan pengguna “buah karet” sebelum Luffy. Jadi ia tahu teknik apa saja yang belum dikuasai Luffy.
Cuma itu hanya prediksi. Beberapa kemungkinan teknik yang diajarkan Reyleigh selain haki adalah power up dan pengendalian buah iblis yang bertujuan untuk menemukan kekuatan apa saja yang kira-kira dapat dikeluarkan oleh buah iblis tertentu. Kita juga tidak tahu pasti apakah Gear 4 diajarkan oleh Rayleigh atau Luffy sendiri yang menemukan. Intinya selama ini Luffy secara otodidak menemukan jurus-jurus barunya. Kalau menurutku Rayleigh hanya mengajarkan dasar-dasar pengendalian semua haki. Tetapi tidak menutup kemungkinan ia mengajarkan teknik tempur kepada Luffy.
5. “D” Musuh Alami Dewa
Pada chapter sebelum-sebelumnya sudah dijelaskan oleh Corazon kalau Klan D adalah musuh alami para dewa. Tenryobito atau Naga Langit pada dunia One Piece dianggap sebagai dewa dan karena Doflamingo adalah keturunan Tenryubito makanya ia takut dengan orang-orang penyandang nama D. Mungkin hanya sedikit orang di One Piece dan dari kaum Naga Langit yang tahu cerita sebenarnya tentang “D” ini. Dan pada chapter 783 saat Luffy sedang bertarung dengan Doflamingo, Dofla sempat melihat poster Luffy dan memikirkan “D” pada nama Luffy. Disitu saya berpikir kalau Dofla juga khawatir dengan orang-orang penyandang nama D yang kemungkinan Dofla juga mengetahui apa itu “D” sebenarnya.
Pada komik Volume 73, Dofla menjelaskan tentang beberapa kerajaan yang berserikat untuk membentuk pemerintahan dunia. Kerajaan yang membentuk Pemerintah Dunia inilah yang kemudian disebut sebagai Tenryubito. Ada 20 Kerajaan yang hadir dan ada 1 kerajaan diantaranya yang mentang pemikiran tersebut yaitu Kerajaan Arabasta. 20 kerajaan ini bertujuan untuk menjatuhkan “Ancient Kingdom”. Apakah “Ancient Kingdom” itu? Adalah Sebuah kerajaan pada masa lalu yang hilang atau dikenal sebagai “100 tahun yang hilang” the Void Century. Entah sengaja dihilangkan oleh pemerintah dunia atau apa kita masih belum tahu pasti.
Kemudian pada Volume 41, dalam masa lalunya Robin ketika Prof. Clover berbincang dengan Gorosei, ia menjelaskan sedikit tentang Kerajaan ini. Kerajaan ini adalah sebuah Negara yang besar dan hebat. Kemudian kerajaan ini dijatuhkan oleh sebuah grup yaitu pemerintahan dunia. Kerajaan ini meninggalkan sejarahnya dengan menulis ceritanya pada sebuah batu untuk dibaca oleh orang-orang dimasa depan yang dikenal sebagai Poneghlyp. Akhirnya kerajaan tersebut dimusnahkan karena dianggap sebagai ancaman besar bagi dunia. Mungkin kerajaan tersebut telah menemukan banyak hal seperti buah iblis, senjata kuno, dan sebagainya. Dan besar kemungkinan Kerajaan/Negara tersebut adalah Negara para penyandang nama “D”.
Jika kita hubungkan perkataan Corazon dengan cerita dari Prof. Clover. Dapat kita simpulkan bahwa para pemerintahan dunia dan petinggi dunia (Tenryubito) sebenarnya takut terhadap keberadaan bangsa “D” ini maka dari itu mereka dimusnahkan dan dirahasiakan sehingga terciptalah “100 tahun yang hilang”. Oleh karena itu Corazon mengatakan kalau “D” adalah musuh alami para Dewa. Doflamingo yang juga mengetahui hal tersebut juga khawatir terhadap marga “D” ini. Ingat kah kalian perkataan Whitebeard menjelang ajalnya?
"Sejak zaman dahulu diwariskan turun temurun!! Lalu di masa depan, di suatu hari nanti, akan muncul orang yang bakal menantang dunia ini dengan memikul sejarah ratusan tahun tersebut. Sengoku, kalian dari pemerintahan dunia takut kepada perang besar yang akan melibatkan seluruh dunia itu. Aku tak berminat pada harta itu, tapi disaat harta itu ditemukan oleh seseorang maka dunia akan jungkir balik. Hari dimana seseorang menemukannya pasti akan datang. One Piece sungguh-sungguh ada!”
Merujuk pada perkataan Whitebeard sebelumnya kalau bukanlah Teach orang yang ditunggu Roger. Ada pemilik D lainnya selain Teach yaitu Ace, Luffy, Law, dan anak muda lainnya yang mungkin belum ditunjukkan didalam manga ini. Tetapi berdasarkan kalimat tersebut sudah jelas bahwa para penyandang nama “D” merupakan keturunan hebat yang mampu menggetarkan dunia. Walaupun kita tidak tahu pasti apa tujuan Kerajaan-kerajaan pada zaman dahulu membentuk pemerintahan dunia untuk memusnahkan Kerajaan “D” ini. Kita juga tidak tahu pasti siapa yang benar dan salah pada masa itu karena sejarah belum terkuak sepenuhnya. Roger dan Prof. Clover dari ohara mungkin terlalu sedikit terburu-buru menyimpulkan. Makanya Rayleight bilang ke Robin untuk menemukan jawabannya sendiri seperti apa sejarah yang sebenarnya. Yang pasti para petinggi dunia mereka takut terhadap kemampuan “D” ini yang mungkin diatas manusia normal. Teori lain tentang Kerajaan ini adalah bahwa mereka adalah keturunan langit atau manusia bulan. Berdasarkan data dari Arc Skypea saat Enel pergi ke bulan (di Cover Story of Enel) ia melihat banyak sekali teknologi canggih dan ramalan-ramalan tentang masa depan yang mengarah bahwa semua itu adalah perbuatan manusia. Nah kemungkinan 100 tahun yang hilang tersebut merupakan sebuah penelitian besar-besaran dari negara “D” tentang dunia.
Yap! Sudah cukup teori tentang “D” pada Arc ini. Karena jika kita bahas maka tidak akan selesai. Teori ini hanya sebagian saja yang mimin ketahui tentang Void Century, Ancient Kingdom, dan “Will of D”. Intinya “D” yang merupakan musuh alami para petinggi dunia sudah terjadi ratusan tahun yang lalu. Dan kekhawatiran Doflamingo terhadap hal ini akhirnya menjadi kenyataan saat ia kalah di tangan Luffy. Senang rasanya semua telah usai.. Shishishi grin emotikon
6. Kesimpulan & Prediksi Chapter Berikutnya
YOSSSSS!!! Akhirnya kita sampai pada kesimpulan pembahasan kali ini. Jadi intinya adalah chapter kali ini Doflamingo sudah 99,99% kalah. Kenapa tidak 100? Karena masih ada kemungkinan walaupun sangat kecil kalau Dofla akan berdiri lagi setelah ini, tapi aku rasa tidak tongue emotikon
Setelah semua ini Oda menunjukkan kekuatan Doflamingo yang mengerikan dan tidak kalah setelah diserang mati-matian akan menjadi sangat resah jika setelah ini Dofla belum kalah juga. Kemudian kita juga sedikit diberikan clue tentang proses latihan Luffy. Terakhir kenapa “D” bisa menjadi musuh alami para dewa sudah kita kuak dalam pembahasan ini. Semoga chapter besok kita bisa melihat mata asli Doflamingo dan semoga semua ini bisa mencerahkan nakama sekalian smile emotikon
Kemudian prediksi chapter berikutnya menurutku akan terjadi kehebohan rakyat Dressrosa yang bingung apakah Doflamingo sudah benar-benar kalah atau belum. Dan setelah dipastikan oleh Gatz bahwa Doflamingo sudah benar-benar tak sadarkan diri, rakyat Dressrosa berteriak gembira dan berterimakasih kepada Lucy. Tetapi Lucy sudah tidak ada ditempat karena disembunyikan oleh Law. Mungkin Law dan Luffy ingin segera bergegas dari Dressrosa untuk menyusul yang lain dan pergi dari Dressrosa secepatnya agar tidak ketahuan oleh angkatan laut dan menambah buruk keadaan. Dan mungkin diakhiri dari kata-kata yang mengharukan dari Raja Riku. Seperti pada Arc Arabasta setelah mengalahkan Crocodile. Yapp, tapi ini sepenuhnya IMO, jadi bisa jadi beda dari yang kupikirkan.
-------------------------Komik One Piece Bahasa Indonesia-------------------------
HUAAAAAAAAH..... Panjangnyaaaa.. Oke lah mungkin sekian dulu pembahasan kali ini. Maaf sekali lagi telat. Telatnya bgt!!! upset emotikon habis mimin ada dinas keluar kota dan banyak pekerjaan.. Semoga pembahasannya bermanfaat! 

SALAM KOPBI!!!!
Shishishi grin emotikon
Regards,

Posting Komentar

 
Top