GuidePedia

0
PEMBAHASAN CHAPTER 788
Pembahasan Chapter 788




Halo semuaaaa!!!
Mari kita mulai pembahasan ini dengan senyuman smile emotikon
dan mari kita berdiskusi, bukan saling mengkritisi tanpa solusi!
Shishishi grin emotikon
Yak! Ketemu lagi bersama saya dalam pembahasan chapter. Sudah pada baca chapter 788 kan? Karena kita terus membahas chapter di tiap minggunya maka tidak jarang kita temukan prediksi-prediksi yang mendekati setiap chapter yang akan muncul kedepannya. Di chapter ini juga berjalan seperti yang kita bahas minggu kemarin, yaitu ‘masih’ tentang penahanan birdcage dan fokus terhadap penduduk Dressrosa sembari menunggu kepulihan Lucy.
Chapter kali ini bersifat ‘tegang’ dan ‘serius’. Dimulai dari Doflamingo yang terus mengamuk dan menyerang warga yang menghalanginya. Kemudian para ‘warior’ dan teman-teman lainnya yang berusaha menghentikan Birdcage, Violet yang menantang Doflamingo, dan akhirnya seluruh penduduk ikut membantu mendorong Birdcage untuk menyelamatkan Dressrosa. Serta perjuangan Putri Manshery yang berusaha menolong warga walau hanya sementara. Lalu, bagaimana Law melindungi Luffy dalam 1 menit kedepan? Mari kita lihat apa saja yang akan kita bahas kali ini!
Point-point yang akan dibahas pada chapter kali ini:
1. Cover Story
2. Pergerakan Doflamingo
3. Pengorbanan Viola
4. Tim Penahan Birdcage (Bagian Tenggara)
5. Tim Penahan Birdcage (Bagian Barat Laut)
6. Semangat Penduduk Dressrosa
7. Kekuatan Putri Manshery
8. Pergerakan Gatz
9. Pergerakan Law
10. Kesimpulan dan Prediksi Chapter Selanjutnya
Yapp!!! Itulah daftar isi yang akan dibahas pada pembahasan chapter kali ini. Bagi yang suka membaca dapat dibaca semua dan bagi yang kurang suka membaca panjang-panjang dapat diambil point-point yang disukai.
Oukeeeeeyyyy.. Mari langsung saja kita mulai pembahasannya!!!
Shishishi grin emotikon
--------------------Komik One Piece Bahasa Indonesia---------------------
One Piece Chapter 788 “Pertarungan-ku”
01) Cover Story
Masih sama seperti kemarin, tidak ada yang spesial pada Cover chapter kali ini. Cover Story bercerita tentang Perona yang sedang asyik mendengarkan lagu yang sedang dimainkan oleh Brook. Sepertinya lagu yang dimainkan Brook adalah lagu yang menyeramkan yah sampai ada hantu-hantu berterbangan. Oooh!!! Mimin tau! Mungkin lagu Sinden! Hiiiiiy sereem.... seperti ituuu.. kalo kata Syahrini mah. Hehehe tongue emotikon
02) Pergerakan Doflamingo
Hmm tampaknya Doflamingo sekarang sudah benar-benar emosi yah. Sebelum-sebelumnya wajahnya Dofla ga pernah semurung ini. Dia terus berjalan mencari Luffy dan melukai orang-orang yang menghalanginya. Dofla bilang ‘serahkan Topi Jerami, maka kalian akan kubebaskan’. Sepertinya penduduk Dressrosa sudah menganggap Luffy sebagai cahaya/harapan Dressrosa jadi mereka akan rela berkorban dan menyita waktu sampai Lucy pulih. Tetapi ya namanya juga balapan dengan waktu, maka penduduk tidak tahan jika Negaranya terus dilanda musibah seperti itu maka merekapun menyerang Doflamingo meskipun mereka sudah tahu seperti apa jadinya.
Lagi-lagi, benang-benang yang menyerang dari segala arah terlihat menyeramkan. Kekuatan Dofla sepertinya masih belum luntur. Ditambah lagi ia bisa mempercepat penyusutan Birdcage. Tapi menurut mimin tenaganya pasti ada batasnya. Kalau kataku sih Doflamingo ini selain bisa menjahit luka-luka dalam ia juga bisa membuat sel tubuh palsu dari benang untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Jadi bisa dikatakan pengendalian buah iblis yang dilakukan oleh Doflamingo sudah 100% dikuasi. Kemudian kira-kira kemana Doflamingo berjalan? Pastinya mencari Luffy. Tapi ke arah mana? Tentu saja ke arah plato. Kenapa mimin bisa mengatakan kalau Dofla berjalan kearah plato? Karena ditengah jalan ia bertemu dengan Viola, sedangkan Viola kan sepanjang pertarungan berlangsung ia berada di atas plato bersama Raja Riku, God Ussop, dan lainnya.
NB: -(Plato adalah tempat istana berada sebelum dipindahkan oleh Pica, yang didepan plato sekarang terdapat bongkahan batu dengan bentuk setengah badan Pica yang dibelah oleh Zorro).
-(Sedangkan istana sekarang terdapat pada bukit yang dibentuk oleh Pica).
-Bisa dilihat dichapter halaman 14 untuk memdakannya, agar pembaca tidak bingung.
03) Pengorbanan Viola
Violette, One of Donquixote Doflamingo’s Family Officer atau dikenal sebagai Viola anak dari Raja Riku, ia berani menghalangi Doflamingo dan menantangnya. Kira-kira apa tujuannya? Sudah pasti mencegah Doflamingo untuk tidak berbuat lebih jauh. Kita sendiri tahu Viola adalah orang yang cerdas dan bijak dalam mengambil keputusan. Saat Dressrosa pertama kali di rampas oleh DD Family ia dengan bijak memutuskan untuk masuk kedalam ‘keluarga’ untuk menyelamatkan diri. Sampai ia bertemu Sanji dan melihat kalau Bajak Laut Topi Jerami dapat membuat sebuah perubahan. Lalu juga disaat ini Viola memutuskan untuk mengulur waktu dan menghadang Doflamingo. Meskipun ia tahu bahwa Doflamingo akan cepat mengalahkannya bahkan bisa sampai terbunuh, ia tetap berdiri dan siap mati.
Kata-kata yang indah dari penari yang satu ini. “ini tentang kehancuran Keluarga Donquixote, dan sebagai orang yang pernah menjadi bagian dari keluarga tersebut, akan sangat memalukan kalau aku tak berbuat sesuatu. Jadi siapa yang akan mati terlebih dahulu, Kau atau Aku.. Doffy!?”. Artinya satu persatu Keluarga DD tumbang, tinggal Viola dan Doffy.. yang sebenarnya tujuan utama Viola adalah mengulur waktu sampai Luffy pulih.. WOW memang Viola adalah penari yang sangat bergairah, kata-katanya bisa menipu para pria, bahkan disaat genting ia melakukan sesuatu yang bijaksana. Mungkin sama seperti Pell di Arabastasmile emotikon sungguh mengharukan..
Mungkin seperti itulah keadaan Viola saat ini. Rebecca pun juga berpikir untuk menghentikan Doflamingo tetapi Viola sudah lebih dulu mengambil kesempatan. Tidak hanya viola dan rebecca, tetapi para peserta Coloseum yang bisa bertarung juga mencoba untuk menyerang Doflamingo. Semua demi Luffy smile emotikon Dan.... Terakhir kita melihat Rebecca berteriak ‘Viola-san!’ sambil menangis.. apakah sesuatu terjadi padanya? Menurutku ia terkena serangan yang sangat parah, tetapi tidak sampai mati. Doflamingo mungkin menyerang Viola dan berniat membunuhnya dengan cepat kemudian kembali menuju Plato dan mencari Luffy. Semoga kau masih hidup Viola dan harus tetap hidup karena kau lah satu-satunya Putri Raja yang nantinya akan menjadi seperti Vivi. Dan kau jugalah yang melihat seluruh kejadian selama 10 tahun ini dan paling mengerti kondisi Dressrosa. Berjuanglah Viola frown emotikon smile emotikon

04) Tim Penahan Birdcage (Bagian Tenggara)
Yak! Pada bagian tenggara, Birdcage ditahan oleh para peserta coloseum dan Bartolomeo sebagai pemegang komandonya. Barto yang sangat ingin membantu ‘Zoro Senpai’nya benar-benar berjuang dan menahan Birdcage menggunakan kemampuan tamengnya. Dan dibantu dorong oleh para peserta Coloseum lainnya. Kekuatan Barto memang terlihat transparan tetapi seperti yang kita lihat pada chapter ini, perisainya dapat disentuh oleh yang lain, yang artinya kekuatan Barto seperti membuat sebuah kaca yang sangat keras.saat Hack ingin meninju Barto di pertarungan Coloseum, perisainya tidak terlihat. Kenapa? Seperti pada kaca yang sangat bening, bersih, dan mengkilap, orang tidak akan sadar ada kaca jika kaca tersebut seperti tidak terlihat.
Barto juga mengatakan bahwa perisainya tidak bisa dihancurkan. Kalo menurutku bisa saja dihancurkan dengan memakai Haki yang sangat tinggi. Ya Cuma kita pakai saja logika, pada dasarnya kaca memang sangat keras bahkan kita berpikir 2 kali jika ingin memecahkan sebuah kaca. Kenapa? Karena jika kita memukul kaca tangan kita juga akan ikut berdarah. Dalam kasus Barto ia bisa menggunakan kekuatan dan memanipulasi ketebalan kaca sesukanya. Dan jika ia bisa menggunakan Haki maka akan menjadi sangat kuat. We will see smile emotikon
Kekuatan peserta Coloseum lainnya juga sangat membantu untuk menahan penyusutan Birdcage. Kita telah melihat kekuatan kepala Don Chinjao, Sai, Tinju Raja Elishabello, semua itubenar-benar kuat dan sekarang kekuatan itu digunakan untuk menahan Birdcage.
05) Tim Penahan Birdcage (Bagian Barat Laut)
Dan pada bagian barat laut ditahan oleh Zoro, Kinemon, Kanjuro, Frangky, dan para kurcaci. Zoro, Kinemon, dan Kanjuro menggunakan Haki saat menahannya. Sekarang kita sudah melihat kalau Kinemon dan Kanjuro juga bisa menggunakan Haki. Mungkin para samurai lainnya di Wanokuni juga banyak yang dapat menggunakan Haki. Oda juga sudah mengkonfirmasi kalau hampir semua orang-orang didunia baru dapat menggunakan Haki, jadi tidak usah heran. tongue emotikon Frangky juga ikut menahan Birdcage menggunakan Pabrik Smile yang terbuat dari Batu Laut. Dibantu oleh dorongan dari para kurcaci menggunakan kekuatan mereka yang luar biasa.
Oke! Kemudian datanglah seseorang yang membantu, ya dialah Admiral Fujitora. Ia juga menggunakan kekuatannya untuk menahan penyusutan Birdcage. Dan para marinir lainnya yang dapat menggunakan Haki seperti juga ikut membantu menahannya. Seharusnya kekuatan seorang Admiral bisa melampaui seorang Sichibukai. Fujitora mungkin bisa menghancurkan Birdcage dengan hujan meteornya tetapi dalam Dressrosa masih banyak penduduk. Lagipula ia juga sudah mencoba untuk menghancurkannya dengan meteornya tetapi Birdcage tidak terputus sedikit pun. Makanya Fujitora pasti bingung bagaimana lagi cara menghentikannya selain dihancurkan makanya ia juga ikut menahan Birdcage.
06) Semangat Penduduk Dressrosa
Sungguh mengharukan! Seluruh Penduduk tiba-tiba membantu para pejuang yang menahan Birdcage. Sekali lagi disetiap Arc nya pasti ada penduduk setempat dan pada Arc Dressrosa ini penduduk setempat telah ditipu dan dibohongi oleh Rajanya. Dan sekali lagi Luffy yang mampu menjadikan orang-orang disekelilingnya menjadi temannya, ia membuat penduduk Dressrosa membantunya secara tak langsung. Dibantu oleh kata-kata dari Raja Riku maka penduduk pun juga menaruh harapan terhadap Luffy. Di Arc Grandline Kru Topi Jerami juga sudah banyak membantu penduduk. Dari kampungnya Ussop, kampungnya Nami, kampungnya Chopper, Arabasta, Pulau langit, Thriller Bark, dan Water Seven. Pada pulau Fishman-pun Grup Bajak Laut Topi Jerami terang-terangan menjadi pahlawan.
Pulau-pulau yang telah diselamatkan oleh Kru Topi Jerami pasti sangat berterimakasih pada Luffy dkk. Nah, pada Dressrosa ini selain ada penduduk asli juga ada para mainan yang terdiri dari petarung-petarung hebat dari seluruh dunia, pasukan marinir, dan pendatang hebat lainnya. Pasti mereka juga tahu kalau God Ussop adalah awak dari Topi Jerami yang akhirnya mereka punya hutang kepada Topi Jerami. Menurut mimin Pada chapter kali ini banyak sekali kesamaan dengan cerita Dragonball mulai dari Luffy seperti Goku Super saiyan 4, kemudian Doflamingo yang tidak kalah-kalah juga seperti Bhu yang terus hidup, sampai ke penduduk Dressrosa yang membantu menahan Birdcage seperti penduduk di dunia Dragon Ball yang membantu Goku untuk memberikan tenaga pada bola semangatnya. Mirip kan? Shishishi smile emotikon
Yang jadi permasalahannya adalah KENAPA BIRDCAGE BEGITU KUAT??? Yapp ini sepertinya juga harus kita bahas. Birdcage sangat kuat sampai-sampai semua orang dipulau dan orang-orang kuat ikut membantu menahan Birdcage. Begini teorinya: Doflamingo adalah manusia yang mampu menciptakan benang, maka ia mempunyai kemampuan untuk memasukkan perintah kedalam benangnya. Bisa jadi ia memerintahkan benangnya agar “tidak bisa dihancurkan oleh apapun kecuali dirinya mati/pingsan tak sadarkan diri”. Nah sebenarnya itu juga yang ia lakukan untuk mengendalikan orang-orang. Rasanya tidak mungkin ia mengendalikan banyak orang dan harus memikirkan gerakan orang yang ia kendalikan satu persatu. Jadi ia memerintahkan kepada benangnya untuk “menyerang siapapun yang ada disekelilingnya tanpa pandang bulu siapa saja yang terkena benangnya”. Kemampuan Doflamingo agar dapat memanipulasi benangnya benar-benar diluar kemampuan paramecia biasa. Tapi itu masih masuk akal. Karena sudah ditegaskan oleh Doflamingo sendiri kalau ia sudah melewati batas buah iblis sampai pada tahap awakening. Jadi menurutku ia juga mampu bekerja sama dengan benangnya. Seperti pada komik naruto yang mampu mengendalikan kyubi. Kurang lebihnya seperti itu maka dari itu lah kenapa Birdcage sangat sulit untuk dihancurkan. Bukan Fujitora yang lemah, bukan Zoro yang lemah, tapi karena benang itu sendiri yang sudah menyatu dengan diri Doflamingo sehingga tidak akan bisa dihancurkan sampai Doflamingo kalah. Seperti ituuu tongue emotikon
07) Kekuatan Putri Manshery
inilah salah satu point penting dalam chapter ini, yaitu kekuatan Putri Manshery. Sebelumnya telah dijelaskan kalau Putri manshery mempunya kekuatan ‘healing’ alias menyembuhkan. Bahkan penyembuhannya bukan hanya terhadap makhluk hidup tetapi bisa digunakan pada benda mati. Seperti yang dikatakan trebol kalau misalnya pabrik Smile hancur maka Manshery bisa memperbaikinya. Artinya ia bisa memperbaiki semuanya dalam bentuk fisik. Kita masih belum dijelaskan oleh Oda secara rinci bagaimana detail dari kekuatan Putri Manshery.
Nah pada chapter ini dijelaskan lebih lanjut tentang Dandelion. Yang disebut oleh Leo sebagai Teardelion. ‘Tear’ yang berarti tangisan digabung dengan ‘Dandelion’. Nah sebelum kita bahas pada tau ga sih apa itu Dandelion. Mari disimak!
sumber dari mbah wikipedia mengatakan bahwa Randa Tapak atau Dandelion ini adalah bagian dari Taraxacum, sebuah genus besar dalam keluarga Asteraceae. Nama Randa Tapak sendiri biasa digunakan untuk merujuk kepada sebuah tumbuhan yang memiliki "bunga" yang memiliki "bunga-bunga" kecil yang terbang ditiup angin. Asal asli dari tumbuhan ini adalah Eropa dan Asia, namun sudah menyebar ke segala tempat. Yang disebut sebagai bunga dari tumbuhan ini menjadi semacam jam hayati yang secara teratur melepaskan banyak bijinya. Biji-biji ini sesungguhnya adalah buahnya.
Mungkin akan sulit dimengerti karena ini seperti pelajaran Biologi pada IPA. Tetapi menurut rangkuman mimin, Dandelion ini adalah sebuah ‘bunga’ dari ‘bunga’ yang dapat berterbangan jika ditiup atau terkena angin kencang. Bentuknya indah dan mempunyai khasiat untuk kesehatan. Dandelion ternyata dapat menyembuhkan luka-luka lecet atau luka fisik lainnya. Ia juga bisa memberikan ketenangan secara psikologis. Makanya kekuatannya sangat manjur tetapi hanya bersifat sementara tergantung dari sugesti kita. Dan masih banyak lagi khasiatnya, kalian bisa baca sendiri pada link dibawah ini. smile emotikon
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Dandelion ini silakan kunjungihttp://www.botanical.com/botanical/mgmh/d/dandel08.html tapi bahasa inggris. Kalau mau bahasa Indonesia bisa dilihat disinihttp://www.necturajuice.com/manfaat-tumbuhan-dandelion-unt…/ .

‘Teardelion’ ini hanya salah satu jurus dari Sang Putri. Mungkin masih banyak jurus lainnya untuk menyembuhkan sebuah penyakit. Terlihat dichapter kalau Putri Manshery menebarkan ‘Teardelion’nya keliling kota. Terlihat juga disana para penduduk yang pincang dan patah kaki langsung dapat berlari kencang. Sangat hebat kekuatannya! Pertanyaannya, bagaimana kalau terkena orang-orang jahat atau yang lebih parah bagaimana kalau terkena Doflamingo. Bisa-bisa ia sembuh dan tidak bisa dikalahkan. Jangan sampai deh.. Nah kalau menurutku ada beberapa kemungkinan. Yaitu:
1. Putri menebarkan ‘teardelion’nya didaerah terntentu yang isinya hanya orang-orang yang menolong Dressrosa dan para penduduk lainnya
2. Putri memerintahkan atau secara tidak langsung ‘teardelion’nya hanya untuk menyembuhkan orang-orang berhati baik
3. Penyembuhan para petarung Coloseum dilakukan terlebih dahulu untuk menolong yang lainnya.
Nah! Kalau begini kan kita tidak perlu khawatir ‘Dendelion’nya akan mengenai Doflamingo. Bahkan bisa jadi dandelionnya jatuh tepat diatas Law dan Luffy. Wow bagaimana ya kalau begini? Pasti Luffy langsung melek dan bangkit untuk menghajar Doffy kembali. smile emotikon
Seperti itulah pendapatku pribadi mengenai kekuatan Putri Manshery. Berhubungan dengan kekuatan Doflamingo terhadap Birdcagenya, sebenarnya saya punya teori baru tentang pengendalian atau sugesti yang dimasukkan kedalam buah iblis. Dan sepertinya hanya Vegapung dan Oda yang sangat mengerti cara kerja buah iblis. Jadi teori buah iblis selanjutnya akan kita bahas kesempatan lain. Sekarang fokus dulu dichapter ini yah nakama. Shishishi smile emotikon
08) Pergerakan Gatz
Nah pada halaman terakhir dichapter ini pada lihat kan Gatz dan para Assitennya ngapain? Yang pasti bukan melakukan yang bukan-bukan. Hahaha.. Mereka terlihat seperti mendaki tebing. Mungkin mendaki plato atau bisa jadi mereka naik ke sisa bongkahan batu Pica. Untuk apa hayooo? Jadi sepertinya Gatz akan kembali menyiarkan pertarungan selanjutnya ketika Luffy sudah bangkit.
Nah kalu kita lihat lagi pada gambar, salah satu asistennya sedang mendaki sambil berkata “iyaa.. uuuh”. Nah kalau mimin simpulkan ia sedang membawa speaker jadi sulit mendaki karena membawa sesuatu. Pastinya Gatz akan mencari tempat yang sangat pas untuk melihat seluruh isi kota dan melihat pertarungan Lucy selanjutnya. Jadi chapter kedepan kita akan mempunyai komentator kembali! Hidup Gatz!!! Hihi grin emotikon
09) Pergerakan Law
Law! Sekali lagi ia menunjukkan dirinya. Tiba-tiba ada sesosok batu yang bertukar dengan orang dan orang itu terjatuh, ya itu adalah Law. Alhamdulillah ya, tangan Law sudah menyambung kembali dan diperlihatkan dengan jelas saat ini. Tetapi tangannya masih belum terlihat bisa digunakan seperti biasa. Mungkin masih harus menunggu waktu sampai darah mengalir dengan lancar diseluruh tangannya. Tau kan kalau darah kita tidak mengalir dengan lancar pada tubuh? Maka itu akan mengakibatkan lemas, keram dan kesemutan. Mungkin seperti itulah keadaan Law saat ini. Tetapi ia masih mempunyai kekuatan setidaknya untuk membuat room dan menukar-nukar benda.
Tujuannya kali ini pasti melindungi Luffy, karena untuk melindungi Luffy dari orang kuat seperti Doflamingo juga harus dengan orang yang kuat pula. Gatz sudah pasti bisa dengan cepat dikalahkan oleh Dofla dan Luffy langsung dibunuh jika ia masih tetap bersama Gatz, tetapi jika bersama Law, luffy pasti akan lebih aman. Law bisa menukar benda sesukanya dan ia bisa berpindah sesukanya selama masih ada dalam ‘room’. Dengan begitu Dofla pasti akan kerepotan kalau Law melindungi Luffy dengan kekuatannya. Dengan adanya Law disisi Luffy maka akan sangat cukup 1 menit untuk menjaga Luffy sampai pulih.
10) Kesimpulan & Prediksi
Owkeeeey!!! Akhirnya kita sampai pada kesimpulan dan prediksi chapter.
Kesimpulannya pada chapter ini fokus hanya terlihat pada proses penahanan Birdcage sambil menunggu kepulihan Luffy. Kita juga diperlihatkan kegigihan para pejuang Dressrosa dan para penduduk untuk melindungi Negaranya. Dan kita juga diberikan pengetahuan baru tentang kemampuan Putri Manshery. Pada chapter selanjutnya kemungkinan para penduduk dan pejuang yang ingin menyelamatkan Dressrosa masih menahan Birdcage dan Doflamingo akhirnya bertemu Luffy dan Law. Tetapi disaat yang sama Luffy sudah pulih dan siap untuk bertarung lagi. Kemudian bersambung lagi.. hehehe..
---------------------Komik One Piece Bahasa Indonesia--------------------------
Mungkin itu saja yang dapat saya berikan kali ini. Mohon maaf lagi-lagi telat karena saya SSS yaitu sangat-sangat sibuk weekend ini.. tapi saya tetap menyempatkan untuk berkarya demi KOPBI! tongue emotikon Yeah karena itu mari kita terus ramaikan KOPBI dan saling sharing tentang One Piece yaaa.. Maaf juga lagi-lagi tulisannya panjang, habis dalam setiap chapter saya harus dengan detil melihat dan meneliti point-point penting apa saja yang harus dibahas disetiap chapternya. Dan disetiap chapternya juga banyak hal yang dipertanyakan dan ada baiknya kita bahas walaupun hanya berupa prediksi, agar kita semua dapat berdiskusi dan terus berimajinasi tentang One Piece yang kita cintai ini.
Oke! Sekian! SALAM KOPBI!!!
Shishishi grin emotikon
Regards,

Posting Komentar

 
Top